Sunday, April 3, 2011

Solusi Modem CDMA Prolink P200 di Windows 7 x64 bit

Modem CDMA Prolink P200 di Windows 7 x64 bit 

           Berawal dari kebingungan luar biasa setelah berpindah dari Windows 7 x86 ke Windows 7 x64. Dimulai dari berbagai aplikasi programming jadul (Visual Basic 6, Turbo Pascal 7, Borland C++ 4.5, dbl) yang tidak bisa berjalan di sistem 64 bit, sampai modem kesayangan yang senantiasa menemani aktifitas online keseharian, yang juga tidak bisa diinstal di sistem 64 bit.

Akhirnya saya menemukan sedikit cara untuk mengakali supaya saya bisa kembali online tanpa harus mengganti modem.
Perlu diketahui bahwa Prolink tidak menyediakan driver Windows 7 x64 untuk Modem CDMA P2000, saya sudah cek website resminya hingga bolak-balik om google, jadi kita harus mengakali dengan menggunakan Driver versi Windows terdahulunya yang juga sama 64 bit. Driver tersebut bisa didapatkan dari folder hasil instalasi U_Modem tepatnya di subfolder driver dengan path lengkap seperti contoh berikut:
C:\Program Files\U_Modem\driver\WinXP-AMD64
Saya sudah menggunakan driver ini lebih dari 3 bulan dan sampai hari ini belum pernah ada masalah, driver berfungsi dengan sempurna walaupun sebenarnya driver ini ditujukan untuk Windows XP 64 bit.
Silahkan dicoba sendiri, sebagai bahan referensi saya menggunakan Acer FerrariOne FO200 dengan OS Windows 7 Home Premium 64 Bit.

No comments:

Post a Comment

adisultony@gmail.com